Pantai Timur Jadi DOB Baru di Sumsel

KAYUAGUNG, PS --Lima kecamatan di OKI yang masuk dalam pemekaran Pantai Timur yaitu, Kecamatan Sungai Menang, Kecamatan Cengal, Kecamatan Tulung Selapan, Kecamatan Pangkalan Lampam dan Kecamatan Air Sugihan. Pemekaran Pantai Timur menjadi Kabupaten ini disetujui oleh DPR RI, Kamis (24/10). Pemkab OKI menyambut baik disetujuinya Pantai Timur menjadi Daerah Otonomi Baru di Sumsel.

H Ishak Mekki Bupati OKI pun menyambut gembira dengan disetujuinya Pantai Timur menjadi DOB. "Kita patut bersyukur dan menyambut baik terbentuknya Kabupaten Pantai Timur, yang merupakan pemekaran dari OKI, sebagai Kabupaten Induk. Semoga pembangunan di wilayah perairan ini bisa merata,"ujar Bupati OKI didamping Sekda OKI H Ruslan Bahri. Bahkan Ir H Ishak Mekki merupakan pendukung utama terbentuknya DOB Pantai Timur ini. "Karena itu diharapkan masyarakat perairan ini, tidak sulit lagi menempuh jarak yang cukup jauh dalam mengurus administrasi pemerintahan dan dapat berkonsentrasi dalam membangun daerah," tutur H Ruslan Bahri.

Luas Kabupaten OKI sendiri hampir sama dengan luas Provinsi Bengkulu. "Jadi sudah sewajarnya dimekarkan," sambung Ruslan Bahri.

Anggota DPRD OKI asal Tulung Selapan, Sang Dewi Rusmin pun menyambut baik terbentuknya DOB Pantai Timur. "Hal ini sudah lama menjadi cita-cita dari masyarakat Pantai Timur. Tak ada kepentingan politik, murni untuk kemajuan daerah," terangnya. Ia mengharapkan agar Pemkab OKI sebagai Kabupaten Induk, dapat membantu pembiayaan Pantai Timur hingga menjadi Kabupaten mandiri. "Potensi pendapatan asli daerah sangat banyak, wajar kalau nantinya dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun, DOB Pantai Timur sudah bisa mandiri, bahkan diperhitungkan di Sumatera Selatan," terang Sang Dewi Rusmin.

Dilihat dari kesiapan infrastruktur, kemudian pertimbangan lokasi jarak tempuh dan sarana prasarana lainya, Kecamatan Tulung dipandang layak menjadi Ibukota DOB Pantai Timur. (bmg/sripo/net)

Posting Komentar

0 Komentar