Bawa Pesan Kamtibmas, Kapolres Prabumulin Rutin Sambang Warga

Kapolres Prabumulih turun langsung berdialog mendengarkan curhatan warga. Foto. Ist

Dampak Positif Dua Arah, Polres Prabumulih Edukasi Kamtibmas Melalui Jumat Curhat

PRABUMULIH, PUBLIKZONE --- Menyikapi dinamika perkembangan situasi Kamtibmas di Kota Prabumulih, jajaran Polres Prabumulih Polda Sumsel memilik program Jumat Curhat berbasis komunikasi langsung dengan masyarakat.

Program yang dicanangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ini, mampu diemban dan direalisasikan Polres Prabumulih bersama empat Polsek jajarannya yakni Polsek Timur, Polsek Barat, Polsek Cambai dan Polsek RKT. Program ini dinilai berhasil sebagai langkah efektif mengedukasi sekaligus menyerap aspirasi, saran, serta keluhan masyarakat.

"Sebagai Polri, sudah kewajiban kita memberikan pelayanan. Dengan terjun langsung ke masyarakat, kita dapat memberikan himbauan dan penyuluhan tentang Kamtibmas. Sekaligus mendengar keluhan maupun saran dari masyarakat," ujar Kapolres Prabumulih AKBP Witdiardi SIK MH belum lama ini.

Dikatakan Kapolres, program Jumat Curhat memberikan dampak positif dua arah. Satu untuk masyarakat itu sendiri, dan kedua kembali ke institusi Polri khususnya Polres Prabumulih.


Lanjutnya, masyarakat dipermudah menyampaikan permasalahan kepada polisi. Sementara polisi, mampu mendapatkan informasi aktual tentang situasi kamtibmas dari masyarakat langsung. 

"Masyarakat mendapatkan solusi atas permasalahannya, dan polisi lebih dimudahkan dalam mengambil langkah cepat penanganan masalah," ungkapnya.

Jaga Kamtibmas Butuh Peran Serta Masyarakat

Dalam upaya mewujudkan kondisi Kamtibmas yang stabil, Polres Prabumulih juga memiliki program Sambang Satkamling. Tujuannya, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. 


Sejauh ini, terdata lebih dari 90 Pos Satkamling diwilayah hukum Polres Prabumulih. Ini merupakan bentuk peran aktif masyarakat dalam mendukung keamanan lingkungan.

Saat kunjungan salah satu Pos Kamling, AKBP Witdiardi SIK MH memberikan motivasi untuk mengaktifkan ronda malam. Sebagai bentuk apresiasi, Kapolres memberikan bantuan sarana pendukung kegiatan Satkamling seperti Senter, Jas hujan, Galon, dan lainnya.

"Untuk memotivasi warga, kita rutin melakukan sambang di malam hari. Dengan ronda malam maka tindak kejahatan dapat diminimalisir secara dini," pesan Witdiardi.

Diakuinya, polisi tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari masyarakat. Untuk itu, pihaknya mendorong agar segenap warga aktif menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya di sekitar tempat mereka tinggal.

"Dengan adanya Satkamling di sekitar tempat tinggal penduduk, diharapkan dapat membantu tugas kepolisian dalam menjaga kamtibmas di Kota Prabumulih," akunya. 

Sementara, Lurah Mangga Besar Asniliaty SSI, mengapresiasi langkah Polres Prabumulih memberikan pembinaan bagi masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas diwilayahnya. 

Terlebih kata Asniliaty, Polres Prabumulih telah memberikan bantuan alat pendukung ronda malam dan lainnya. "Terimakasih atas kunjungannya pak, meski hujan deras bapak tetap datang. Warga kami akan berusaha membantu tugas Kepolisian menjaga Kamtibmas," ungkapnya.

Optimalkan Kamtibmas, Polres Prabumulih Terapkan Sejumlah Program

Sejalan dengan program Jumat Curhat dan Sambang Satkamling, Polres Prabumulih memiliki program Kapolres Ngantor di Desa dan Kelurahan. Lewat kegiatan ini, Kapolres memantau langsung kinerja Bhabinkamtibas di 13 Desa dan 33 Kelurahan.

"Banyak masukkan dan saran saya terima dari masyarakat setiap kali ngantor di Kelurahan dan Desa. Tentunya ini menjadi tolak ukur untuk memperbaiki kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya. 


Adapun curhatan yang sering diajukan masyarakat, seperti permasalahan sosial, karhutlah, mekanisme pembuatan SIM dan SKCK, kejahatan jalanan, pencurian, premanisme, kenakalan remaja, penyalahgunaan Narkoba, perampokkan hingga kasus KDRT.

Sehingga, lanjut Kapolres, sosialisasi Kamtibmas melalui program Jumat Curhat, Sambang Satkamling dan Kapolres Ngantor di Desa tetap berlangsung hingga kini. Selain itu, program seperti strong poin, bhayangkara bersyiar, patrolli hunting dan lainnya juga masih dijalankan. 

"Seluruh personel dilibatkan, tidak hanya jajaran Polres Prabumulih tetapi juga dibantu Polsek jajaran dalam rangka menjaga Kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” tambah Kapolres. 

Demi memberikan pelayanan lebih baik, Polres Prabumulih juga membuka ruang komunikasi dengan menerapkan Hotline Call Center di 110 atau Polres Prabumulih di 08117856110. 


Bahkan, kalau masyarakat ingin mendapatkan pelayanan prima Polres Prabumilih secara cepat, tepat dan professional, maka disarankan mengunduh aplikasi Polri Super Aps. 

Di aplikasi ini banyak fitur fitur layanan seperti, pengurusan perpanjangan SIM, STNK dan SKCK, Register E-Tilang, Dumas, hingga informasi mengenai lokasi rawan tindak pidana. Semua demi pelayanan ke masyarakat agar tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan damai di Kota Prabumulih. (ARD)

Posting Komentar

0 Komentar