Tercata 5.245 Warga Talang Ubi Terserang ISPA

Sebanyak5.245 Warga Talang Ubi Terserang ISPA

PALI, PP--Kurun waktu Sepanjang tahun 2013 tercatat 5.245 orang di Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terkena penyakit inspeksi saluran pernafasan (ISPA). Hal ini diungkapkan Kepala Puskesmas Talang Ubi Nely Am.Keb, Selasa (4/2).

Ia mengatakan, pasien yang terjangkit ISPA mengalami peningkatan yang signifikan. "Tahun 2012 sekitar 4.767 orang terkena ISPA, pada tahun 2013 menjadi 5.245 orang," jelas Nelly.

Kenaikan itu, menurut dia, dikarenakan faktor cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu. Selain itu ditunjang banyak debu dijalan. Sehingga mudah sekali membuat seseorang terjangkit penyakit ISPA.

"Ya, kita sendiri yang harus pandai merawat kesehatan ditubuh ini. Kalau bisa hindari debu dijalan. Ya, kalau bisa pakai masker (penutup) mulut kalau berkendaraan," jelasnya menerangkan sekaligus memberikan tips.
Nelly  juga menyarankan, agar setiap orang untuk dapat menjaga pola makanan. "Kalau bisa jangan asal makan saja. Pilihlah makan yang bersih dan sehat," pinta Nelly.

Untuk itu, ia mengharapkan peran semua pihak di Kabupaten PALI agar penyakit ISPA ini tidak mengalami kenaikan. "Mudah-mudahan penyakit ISPA tidak banyak lagi di tahun 2014 ini," harapnya.

Hal ini diakuinya, pasien yang berobat di Puskesmas Talang Ubi bukan hanya terjangkit ISPA saja. "Ada juga yang berobat penyakit Hipertensi dan Diare di puskesmas ini," imbuh Nely  sambil mengatakan saat ini Puskesmas Talang Ubi mempunyai tenaga 1 dokter PNS dan 6 dokter magang dengan masa bertugas selama 1 tahun. (bmg)

Posting Komentar

0 Komentar