Dongkrak PAD, Pemkab Muba Upayakan Pendirian Pabrik Kelapa Sawit

SEKAYU, PUBLIKZONE.COM --- Untuk mendongkrak PAD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Pemerintah terus berupaya mengoptimalkan sektor perkebunan dan pabrik kelapa sawit. 

Saat ini PT Petro milik Pemerintah Muba telah menjalin kerjasama dengan PT MUBA GLOBAL LESTARI (MBGL) untuk tahap pembagunan pabrik kelapa sawit. 

Direktur Utama PT MBGL, Bintang Aryana menjelaskan, Pabrik kelapa sawit direncanakan akan dibangun dilokasi Desa Gajah Mati Kecamatan Sungai Keruh dengan luas 26,9 Hektar.

"Kami memastikan 15 tahun kedepan dengan asumsi perbandingan antara minyak kelapa sawit kasar atau CPO yang diproduksi dalam setiap kilogram TBS (rendemen kelapa sawit) yang dihasilkan, bisa dipastikan besaran PAD yang masuk ke Kabupaten Muba dapat meningkat, "jelasnya pada paparan/expose Progres Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit PT MBGL, bertempat di Ruang Rapat Randik, Jum'at (26/7/2019).

Sementara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Rusli SP MM selaku pimpinan rapat  menyambut baik atas kerjasama ini. Ia berharap nantinya Muba bisa menghasilan produk minyak goreng sendiri, dan tentu saja mendatangkan PAD untuk Kabupaten Muba.

"Namun ada hal yang perlu diperhatikan, pertama agar legalitas ini benar-benar clear dari semua pihak dan harus sesuai aturan, jangan sampai kita yang membuat aturan kita yang melanggar, "ujar Rusli.

Rusli menyarankan, agar pihak PT MBGL dapat menyiapkan kebun terlebih dahulu sebelum mendirikan pabrik. Kerjasama perdagangan ini harus tegas,  terkadang di awal bagus namun berakhir tidak bagus, untuk itu harus berhati-hati.

"Kami siap mendukung dan mengapresiasi serta mendorong kerjasama apapun itu. Sesuai arahan bapak Bupati kami wajib mengawal dan memberikan kemudahan kepada investor yang akan berinvetasi. Namun untuk proses percepatan dimaksud kita wajib dan mengikuti aturan yang berlaku," Tegasnya. (SBG)

Posting Komentar

0 Komentar