Hadiri Musrenbang RKPD 2025, Pj Bupati Tekankan 4 Prioritas Pembangunan Daerah


MUARAENIM, PUBLIKZONE --- Pj Bupati Muara Enim, H Ahmad Rizali menghadiri Musrenbang RKPD 2025 dan RPJPD 2025-2045 di Ballroom Hotel Melio Enim, Rabu (27/03/2024). Dalam laporannya, PJ memaparkan penyusunan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2025 telah melalui sejumlah tahapan. 

Penyusunan diawali dengan evaluasi RPJPD 2005-2025 hingga Musrenbang RPJPD yang digelar hari ini, serta terdapat usulan kegiatan melalui SIPD RI yang berjumlah 9.882 usulan.


“8.139 usulan masyarakat dari musrenbang tingkat desa dan tingkat kecamatan yang diinput melalui SIPD RI oleh Perangkat Daerah Kecamatan dan 1.743 usulan pokok-pokok pikiran DPRD melalui laporan hasil reses tahap 1 yang diinput melalui SIPD RI,” paparnya.

PDr. H. Ahmad Rizali, M menambahkan, 4 prioritas pembangunan daerah yang musti dijalankan yakni peningkatan ketahanan ekonomi dan pangan, infrastruktur, kualitas Sumber Daya Manusia (SDA) serta kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana.


Terpenting percepatan pembangunan daerah harus didukung 3 pilar pembangunan yakni pemerintah, dunia usaha dan masyarakat sehingga diharapkan bersinergi dan berkolaborasi. Dia berharap dukungan optimal dari program CSR perusahaan untuk berkomitmen dan berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di Bumi Serasan Sekundang. 

"Kita berharap Kepala Organisasi Perangkat Daerah untuk aktif menggali informasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi, sehingga anggaran dari APBN dan APBD Provinsi dapat dialokasikan lebih besar ke Kabupaten Muara Enim pada 2025 nanti."ungkapnya. 


Usai membuka Kegiatan tersebut, Pj. Bupati juga menyerahkan penghargaan kinerja perencanaan terbaik tahun 2024 untuk kategori Perangkat Daerah Badan/Dinas yang diraih Disdukcapil (Terbaik I), Diskop UKM (Terbaik II) dan DPPKB (Terbaik III) sedangkan kategori perangkat daerah Kecamatan diraih Kecamatan Gelumbang (Terbaik I), Kecamatan Semende Darat Tengah (Terbaik II) dan Kecamatan Belimbing (Terbaik III).

Terpantau, Kegiatan Musrenbang juga dihadiri Direktur Pemantauan Evaluasi Pengendalian Pembangunan Daerah,Kementerian PPN/Bappenas RI, Ir. Rohmad Supriyadi, M.Si., Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ir. Yulius., M.Si., Asisten, para OPD,Camat serta undangan lainnya. (Adv/DN)

Posting Komentar

0 Komentar