SDN 3 Lawang Kidul Laksanakan P5, Bertajuk Beraneka Ragam Kesenian Tarian dan Pakaian Adat Daerah


TANJUNG ENIM
 -- SD Negeri 3 Lawang Kidul mengadakan acara Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan sekolah  SDN 3 Lawang Kidul, (14/6).

Didalam acara P5  yang bertemakan Bhinneka Tunggal Ika,  siswa siswi dapat menunjukkan kreativitas dalam keberagaman Indonesia dalam seni tari daerah, pakaian Adat daerah, dan kuliner.

Selain pelaksanaan P5 di SDN 03  Lawang Kidul kami mengadakan market day hasil pengembangan dari P5 yaitu mulai dari prakarya, inovasi masakan khas Kabupaten Muara, seperti air minum jahe, membuat empek empek, tekwan dan lainnya.

Suliah, S Pd M M mengatakan,  kegiatan ini Agar siswa siswi dapat menghargai keaneka ragaman budaya dan mempererat kesatuan dan kesatuan Indonesia. 


P5 bertujuan untuk membentuk karakter siswa-siswi agar berjiwa Bhinneka Tunggal Ika dan mewujudkan kemampuan berwirausaha dalam gaya hidup berkelanjutan.

"Siswa menampilkan berbagai karya dan proyek dengan mencerminkan nilai-nilai Pancasila serta inovasi berkelanjutan. Agar siswa-siswi tidak hanya memahami Pancasila secara teoritis, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam berbagai aspek kehidupan", tangkasnya 

Disamping itu pun kepala sekolah SDN 3 Lawang Kidul Suliah, S Pd M M 
 menerangkan, ada pun pemanfaatan barang bekas kita buat seperti kota tisu bahan dari stik es krim, tas dari Plastik kemasan dari sabun cuci serta kopi sachet, ada pun hasil karya dari tempurung kelapa buat teko.

"Hasil karya tersebut kita pamerkan dalam acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5", ujarnya.

Kami juga berharap, melalui kegiatan gelar aksi P5 ini siswa/i mendapat inspirasi dan semakin termotivasi untuk terus mengasah minat dan bakatnya sehingga semakin meningkat, berkualitas dan bermanfaat dimasa depan," pungkasnya.

Ada begitu juga dari hasil market day hasil inovasi anak yang di buat oleh  anak kelas IV dan V seperti membuat minuman jahe, cara membuat empek empek, tekwan dan lainnya di sajikan untuk di jual dalam acara projek penguatan profil pelajaran Pancasila.

Acara tersebut turut hadir tamu undangan yang hadir Kades Keban Agung, kepada Korwil, Babinsa 0404 05 Tanjung Enim, Kamtibmas Polsek Tanjung Enim,  Ketua komite beserta orang tua wali murid, kepala sekolah SD yang ada di sekitar Kecamatan Lawang Kidul, Kadus, sebagai pengunjung untuk membeli hasil karya Maret day siswa siswi SDN 3 Lawang Kidul. 

Posting Komentar

0 Komentar