Alex Noerdin Tawarkan Karet dan Pertambangan ke AS

PALEMBANG, PS -- Sumsel sebagai salah satu penghasil karet di Indonesia, tampaknya dibidik oleh pengusaha Amerika Serikat dalam menanamkan investasinya di Provinsi ini. Karet ini diperlukan untuk industri Otomotif dan Penerbangan di Amerika Serikat. Hal ini terungkap saat pertemuan Konsulat Jendral RI di Chicago Andrian Supandi dengan Gubernur Sumsel, yang membahas potensi investasi di Sumatera Selatan. "Bahkan pengusaha Amerika Serikat ini, sudah meninjau langsung pabrik karet di Sumsel, walau belum bertemu dengan Gubernur Alex Noerdin," terang Andrian, Jumat (18/10) di Griya Agung.

Para pengusaha  asal negara bagian di AS ini seperti dari Illionis, Missouri, Cicago, dan Wiscousin. Mereka memiliki teknologi di bidang infrastruktur, pertambangan dan pariwisata.

"Ini berawal dari pertemuan ekspo di Jakarta, mereka tertarik berinvestasi di Indonesia. Untuk Sumsel. Mereka ingin bertemu langsung dengan Gubernur," jelas Andrian seraya menyebutkan selain menanamkan modal para pengusaha ini juga akan mengadakan transfer teknologi yang ada di negara mereka.

Sementara itu Gubernur Sumsel menyatakan bahwa potensi investasi Sumsel cukup besar dan menjanjikan. Selain Karet, ujar Gubernur, Sumsel juga memiliki potensi di bidang Agriculture yakni perikanan dan perkebunan. Sedangkan bidang lainnya, pertambangan. Untuk perikanan, tambah Alex, potensi budidaya ikan patin. Potensi ini sangat bagus karena setiap tahun produksipatin Sumsel terus meningkat.

Sedangkan bidang yang juga ditawarkan Gubernur kepada pengusaha asal AS adalah pertambangan minyak gas dan geothermal (panas bumi) serta batuara. Menurutnya, potensi panas bumi di Sumselcukup besar dan belum dieksplorasi.

Panas bumi ini, dapat dijadikan energi yang bisa disuplai kepembangkit listrik. Panas bumi terbesar ada di Muaraenim dan OKU Selatan. (bmg/sripo)

Posting Komentar

0 Komentar