Puluhan Ekor Ulat Daun "Serang" Mapolres Ogan Ilir

INDRALAYA, PS -- Puluhan ekor ulat daun ukuran besar, sekitar satu jari telunjuk orang dewasa, menyerang Mapolres ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (9/10). Puluhan ulat berwarna hijau, terlihat di lantai dan tanaman kembang di teras depan Mapolres Ogan Ilir dan biasa menjadi tempat parkir mobil Dinas Kapolres Ogan Ilir.

Entah dari mana datangnya ulat ini, namun anehnya tanaman yang ada ulat didaunya terlihat gundul, sehingga beberapa ekor ulat terlihat jelas bergelayut di dahan tanaman. Yang menarik lagi, tanaman yang gundul hanya satu jenis tanaman saja, sedangkan tanaman lain tidak.

Fihak Dinas Pertanian dan Perkebunan Ogan Ilir bersama Petugas dari Balai Penyuluhan Pertanian segera datang untuk memeriksa keberadaan ulat tersebut. Dan mereka juga mengambil beberapa ekor ulat sebagai sampel dan akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Deswita, Petugas Balai Pengamatan Hama Tanaman (BPHT) Kabupaten Ogan Ilir mengatakan ulat tersebut tidak berbahaya. "Kemungkinan suhu panas membuat ulat itu turun dari dahan tanaman dan mencari tempat teduh, apalagi tanaman tempat mereka selama ini hidup, daunnya sudah gundul akibat dimakan sendiri oleh mereka," pungkas Deswita. (nst)

Posting Komentar

0 Komentar