Bupati Dodi Reza Alex Fokus Benahi Kompetensi Guru dan Sarpras Sekolah

SEKAYU, PUBLIKZONE.COM -- Kualitas Pendidikan di Kabupaten Musi Banyuasin terus dibenahi, Sebagai pilot project pelaksana program sekolah gratis sejak 2002 lalu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin kini menambah program seragam dan alat tulis gratis bagi peserta didik tingkat SD-SMP untuk keluarga Kurang Mampu.

"Saya percaya untuk meningkatkan mutu pendidikan tentunya harus diiringi dengan kesejahteraan dari tenaga pendidiknya. Tak hanya itu  sarana prasarana sekolah harus juga dibenahi sebagai penunjang belajar mengajar," ungkapnya, Rabu (22/5).

Dikatakan Dodi, Pemkab Muba juga berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan para tenaga pendidik melalui tunjangan penghasilan, baik itu tenaga pendidik PNS, maupun GTT dan honorer. 

"Intinya bisa memberikan kesejahteraan lebih kepada guru ASN maupunn non ASN. Kemudian di Muba kami juga berkomitmen unruk menetapkan progran sekolah gratis, saya tidak akan mengizinkan sekolah untuk menarik atau melakukan pungutan kepada peserta didik baik itu pungutan resmi maupun tidak resmi," tegasnya. 

Dodi menambahkan, Pemkab Muba terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan operasional setiap sekolah dari sumber-sumber lain yang tidak melanggar peraturan perundang-undangan dan tidak memberatkan wali murid yang telah bersusah payah mengantarkan anak-anak mereka bersekolah.

Menurutnya, Dunia pendidikan menjadi prioritas utama di Muba, namun dirinya tak menampik bahwa infrastruktur jalan, listrik, air bersih dan sektor kesehatan juga tak lepas dari perhatiannya. 

Dikatakan Dodi, APBD Muba besar namun dengan kebutuhan yang banyak. Maka perlu dalam menyusun skala prioritas pembangunan yang bersumber dari APBD, sesuai dengan Viai Misi Kita Menuju Muba Maju berjaya 2022.

Sementara itu, Kadisdikbud Muba Musni Wijaya, melaporkan beberapa permasalahan pendidikan di Muba seperti misalnya terkait banyaknya guru yang belum sertifikasi. "Ini akan menjadi perhatian serius pak Bupati untuk dituntaskan," jelasnya. 

Musni menyebutkan, banyak peningkatan selama dua tahun belakangan dari bidang pendidikan di Muba dan salah satunya kerjasama dengan Margareth River School di Australia yang digagas Bupati Muba Dodi Reza bersama PSF. 

"Pertukaran guru dan pelajar Muba ke Australia ini sangat efektif dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Muba dan saat ini sangat terasa program pengimbasannya ke sekolah-sekolah yang ada di Muba," pungkasnya. (SBG)

Posting Komentar

0 Komentar