Bupati Ir H Ahmad Yani MM Jak Masyarakat Tingkatkan Produktivitas Padi Sawah

MUARAENIM, PUBLIKZONE -- Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani MM, secara simbolis melakukan Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP 200 Gapoktan Sumber Harapan di Desa Tanjung Jati, Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim, Rabu (10/7/2019).

Yani mengatakan, pada tahun 2018 Produksi Padi Kabupaten Muaraenim sebesar 173.900,07 ton Gabah Kering.  Di tahun 2019 target produksi padi Kabupaten Muaraenim sebesar 186.061 ton gabah kering, dengan sasaran luas panen 39.577 ha dan produktivitas rata-rata 47,01 Kw/Ha.

Oleh karena itu pihaknya mengajak kepada seluruh petani untuk meningkatkan luas panen dan produktivitas padi tahun 2019 ini, sehingga diharapkan target produksi padi Kabupaten Muaraenim akan dapat dicapai.

Adapun upaya yang dilakukan untuk peningkatan produksi dan luas panen diantaranya melalui Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dari semula 100 menjadi 200, IntensifIkasi Pertanian, Ekstensifikasi Pertanian, Penggunaan Benih Padi Unggul lnbrida seluas 4.000 Hektar, Penggunaan pupuk dan herbisida seluas 2.000 Hektar.

Menurut Yani, Pada tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Muaraenim melalui dana APBN akan melaksanakan Pengembangan padi rawa melalui kegiatan SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) seluas 2.000 ha di Kecamatan Muara Belida dan Sungai Rotan.

Tak hanya itu, Pihaknya juga akan menambah Pengadaan Alat Mesin Pertanian berupa Hand Tranctor, Pompa Air, Cultivator, RMU dan Power Threser. Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), Jaringan Irigasi, Irigasi Pompa dan Embung. Pembangunan dan Rehab Balai Penyuluhan Pertanian. 

"Saya bangga dengan masyarakat Desa Tanjung Jati dan sekitarnya terutama Gapoktan Sumber Harapan," tukasnya.

Untuk itu, Yani mengharapkan semoga kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini, melainkan dapat diteruskan dan ditingkatkan pada musim-musim tanam berikutnya serta dapat menginspirasi pengembangan pertanian Metode IP 200 ke seluruh desa di Kecamatan-kecamatan dalam Kabupaten Muaraenim.(DN)

Posting Komentar

0 Komentar