PT TEL Gelar Pelatihan Wirausaha Pengolahan Buah Sawo

MUARAENIM, PUBLIKZONE --- Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, PT Tanjungenim Lestari Pulp And Paper (PT TEL) bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (UNSRI), menggelar pelatihan Wirausaha pengolahan buah Sawo, Rabu (03/07/2019) bertempat di Balai Desa Dangku, Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kabupaten Muaraenim,Muaraenim.

Ketua tim CSR PT Tel Suparno dalam kesempatan ini mengatakan, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Desa Dangku. Diketahui Dangku merupakan salah satu desa sentra  produksi buah sawo,karena dahulu masyarakat hanya menjual buah Sawo tanpa ada inovasi, dengan pelatihan ini maka buah Sawo bisa dijadikan kue Wajik dan dodol.

"Pelatihan ini bekerjasama dengan Unsri dan Dinas Pertanian Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Pelatihan diikuti oleh 20 orang yang merupakan anggota Kelompok Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Srikandi, Desa Dangku. Pemateri Dr Ir Parwiyanti MP dari UNSRI Palembang dengan materi pengolahan buah sawo untuk dijadikan kue wajik dan dodol rasa sawo. Disamping Pelatihan Buah Sawo, juga diberikan bantuan beberapa peralatan untuk menunjang produk siap dipasarkan."Ujarnya.

Sementara itu Kepala Departemen CSR PT TEL Raden Ahmad Najamudin mengatakan bahwa PT TEL memiliki semangat untuk membantu dan mengembangkan setiap desa binaan PT TEL yang memiliki potensi untuk memiliki produk unggulan.

“Warga desa harus mampu mandiri, dalam hal ekonomi kreatif dan harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Minimal untuk pelaku usaha sendiri dan lingkungan sekitarnya. Inilah yang menjadi salah satu tujuan diadakan pelatihan ini," pungkas Najamudin.(DN)

Posting Komentar

0 Komentar