Plt Bupati Targetkan Prioritas Pembangunan di Muara Enim


MUARA ENIM, PZ
 -- Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024. 
Acara itu dibuka langsung oleh Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah di Ballroom Hotel Grand Ziri, Senin (20/3/2023).

Kepala Bidang Perencanaan Program, Wilayah dan Pengendalian Perencanaan Pembangunan Kabupaten Muara Enim, Oktapian Muharsyah dalam sambutannya mengatakan, bahwa penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 ini bersumber dari APBD Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2023 melalui Belanja Operasi Perangkat Daerah Bappeda Kabupaten Muara Enim.

"Untuk Narasumber Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2023 Ini adalah Muhammad Ilyas dari Ditjen Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Sultan M Syah, Kabid Pemerintahan, Kesos dan Kesra Bappeda Provinsi Sumatera Selatan H Fachrurrozie Sjarkowi, Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya Edi Subeno dan Kepala BPS Kabupaten Muara Enim," ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa Musrenbang Kabupaten Muara Enim tahun 2023 merupakan rangkaian puncak dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2024.

"Hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim 2023 ini, akan menjadi bahan dalam Penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupate Muara Enim Tahun 2024 sehingga menjadi Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2024, dan diharapkan dapat mendukung pencapaian Kinerja Pemerintah serta meningkatkan target indikator makro Kabupaten Muara Enim Tahun 2024," ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim dalam kesempatan itu menyampaikan,  bahwa Musrenbang ini melalui tahapan sistematis

"Musrenbang ini telah melalui tahapan dengan sistematis, oleh karena itu musrenbang ini merupakan wadah kita untuk menyatukan semangat hati dan pikiran dalam konteks menetapkan prioritas pembangunan," tuturnya.

Lanjutnya, Musrenbang ini juga sebagai sarana untuk mengukur kinerja, melihat indikator sampai dengan menargetkan apa-apa yang menjadi target capaian kita di tahun depan .

"Musrenbang ini merupakan penyelenggaraan implementasi dari keamanan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan nasional dan juga Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang evaluasi dan pengendalian," lanjutnya..

Lebih lanjut, ia menuturkan Musrenbang ini juga memberikan sinkronisasi dari pembangunan itu sendiri karena tentu di dalam pertemuan ini akan mendapatkan hasil yang terbaik untuk membangun kabupaten Muara Enim.

"Adanya Musrenbang ini juga bertujuan memberikan sinkronisasi pembangunan ditiap-tiap tingkatan hingga di pertemuan ini akan menghasilkan yang terbaik. Dan juga tadi ada penyerahan penghargaan pada OPD dan kecamatan. Hal ini saya tegaskan sebagai pecutan untuk instansi lain agar bisa naik tingkat dan lebih baik lagi. Kita bisa melangkah lebih cepat jika kita melangkah bersama," tutupnya.

Selain Plt Bupati, acara tersebut diikuti oleh Forkompimda, Anggota DPRD, Kepala OPD, pimpinan instansi vertikal di Kabupaten Muara Enim, Kepala Bappeda kabupaten/kota tetangga dan para tamu undangan lainnya. 

Posting Komentar

0 Komentar