Terobosan Penting, Pemkab Lahat Mudahkan Layanan Adminduk


LAHAT - Pemkab Lahat mempermudah layanan administrasi kependudukan (Adminduk) lounching call 112 dan WhastAap (WA) pengaduan masyarakat sekaligus peresmian nama jalan dengan aksara Ka Ga Nga serta Bus Sekolah. 

Monitoring sekaligus lounching layanan Adminduk yang dilaksanakan di halaman Kantor Dukcapil Lahat ini dihadiri langsung Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Dr Teguh Setiabudi M.Pd didampingi Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP, M.Si, Kadin Dukcapil, perwakilan Dandim 0405 Lahat, perwakilan Mapolresta Lahat serta seluruh OPD Pemkab Lahat, Rabu (17/01/24). 

Pada kesempatan itu, Dr Teguh Setiabudi menjelaskan, Adminduk adalah salah satu upaya mewujudkan tertib administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi tertib adminduk di tingkat Kecamatan sampai ke Desa. 

"Adminduk adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan," terangnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Lahat juga menerangkan, manfaat Adminduk sendiri menjadi acuan perumusan kebijakan dan pembangunan, mewujudkan tertib Adminduk secara nasional dan terpadu, serta tersedianya data penduduk sebagai rujukan dasar dalam penyelenggaraan pembangunan dan kemasyarakatan.

" Pelayanan publik terus diperbarui guna memudahkan masyarakat. adminduk memiliki peran strategis dalam aspek kehidupan masyarakat guna mewujudkan pelayanan publik yang efektif dan bebas dari pungutan biaya apapun," ujar Pj Bupati Lahat. (Red) 

Posting Komentar

0 Komentar