Bripka Adio Parta Ingatkan Warga Sungai Medang Waspada Banjir


PRABUMULIH, PUBLIKZONE --- Hujan yang mengguyur Kota Prabumulih selama dua hari terakhir, membuat sejumlah aliran sungai mengalami peningkatan volume air. Dikhawatirkan ini berpotensi memicu terjadinya banjir.

Polres Prabumulih melalui anggota Bhabinkamtibmas meminta masyarakat di wilayah bantaran sungai mewaspadai potensi banjir yang sewaktu waktu bisa terjadi.

Guna mewaspadai itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Medang, Bripka Adio Parta melakukan monitoring peningkatan debit air di salah satu aliran batang hari  Sungai Medang Kota Prabumulih.

"Peninjauan langsung ini merupakan langkah-langkah kesiapsiagaan. Ketika terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi, upaya tanggap darurat banjir dapat kita dilakukan," katanya. 

Menurut Bripka Adio Parta, biasanya bila turun hujan deras sungai tidak dapat menampung debit air yang menyebabkan air sungai batang hari meluap. Volume air yang tinggi mengakibatkan pemukiman warga di pinggiran aliran sungai sering terendam banjir. 

"Selain pemukiman biasanya beberapa lahan perkebunan juga terendam banjir. Akibatnya, akses warga menuju perkebunan ataupun melaksanakan aktifitas sedikit terganggu," jelasnya.

Dikatakan Adio Parta, pihaknya bersama aparat pemerintahan setempat telah memberikan himbauan kepada warga agar tidak membuang sampah ke sungai. Tak hanya itu, Ia juga mengajak warga membersihkan material yang menghalangi aliran sungai.

Lebih lanjut ia mengutarakan, kondisi sungai yang banjir biasanya menjadi wisata dadakan bagi warga Sungai Medang terutama anak anak yang bermain air seperti berenang dan terjun dari jembatan kesungai.

"Untuk itu, kita juga minta para orang tua agar mendampingi dan mengawasi anak anak yang bermain air di sungai karena arus air sangat deras," pungkasnya. (Ard)

Posting Komentar

0 Komentar