Acara Musrenbang RKPD Kabupaten Muaraenim Berjalan Lancar

MUARA ENIM, PUBLIKZONE --- Pemerintah Kabupaten Muaraenim menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2020 Penyusun RKPD 2021 dengan Tema Muara Enim Unggul Berdaya Saing, Selasa (17/03/2020) bertempat di Ballroom Hotel Grand Zury.

Dalam sambutanya, Plt Bupati Muaraenim H Juarsah menyampaikan akan membangun Muaraenim lebih unggul dan berdaya saing dengan enam prioritas aspiratif, partisipatif, dan akomodatif di tahun 2021.

Menurut Juarsah, enam prioritas itu yakni, Penanggulangan Kemiskinan dan Pemantapan Infrastruktur Dasar, Pemerataan Layanan Pendidikan dan Kesehatan yang Berkualitas, Pengembangan UMKM Unggul dan Industri Kreatif, Penguatan Ketahanan Pangan, SDM Unggul dan Pelayanan Prima, dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana. 

"Prioritas pembangunan tersebut akan menjadi pedoman bagi kita semua dalam merencanakan anggaran pendapatan dan belanja daerah guna melaksanakan program dan kegiatan pada tahun 2021 yang akan datang," kata Juarsah.

Juarsah berharap agar penyusunan program dan anggaran pembangunan tahun 2021 dapat mempedomani kebijakan yang berbasis pada program prioritas pembangunan daerah dan nasional (Money Follow Program). Dan dengan mempertimbangkan tiga dimensi pembangunan, yaitu dimensi pembangunan manusia, dimensi pembangunan sektor unggulan dan dimensi pembangunan pemerataan dan kewilayahan.

Pesan kedua, penyusunan perencanaan pembangunan dilakukan dengan pendekatan THIS, yaitu Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial dengan memperhatikan seluruh dimensi yang ada. 

"Ketiga, dalam rangka menuju angka kemiskinan satu digit, diharapkan semua Perangkat Daerah terkait dapat menyusun program yang tepat sasaran dan tepat guna untuk meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat sehingga target penurunan angka kemiskinan dapat dicapai," lanjutnya.

Keempat, Juarsah menekankan perlu adanya upaya maksimal dalam peningkatan kualitas pembangunan di perdesaan dan optimalisasi Badan Usaha Milik Desa melalui kemitraan atau kerjasama antar desa. "Hal ini untuk mendukung ekonomi kreatif desa serta peningkatan pelayanan terhadap masyarakat desa dengan memperhatikan karakteristik dan potensi wilayah," katanya.

Pesan kelima, Juarsah menilai perlunya perhatian khusus dalam penyusunan program, khususnya masalah stunting, pengarusutamaan gender, perlindungan anak, dan antisipasi bencana dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tangguh Bencana.

"Keenam, perlu perhatian khusus dalam pengembangan destinasi wisata melalui peningkatan infrasttuktur menuju dan di sekitar area wisata," tambahnya.

Ketujuh, Juarsah menekankan agar penyusunan program mempedomani target indikator makro sesuai dengan RPJMD Kabupaten Muaraenim Tahun 2018-2023, antara lain Pertumbuhan Ekonomi 7,80 persen; Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 70,84; dan Persentase Penduduk Miskin 10,56 persen.

Kedelapan, kata Juarsah, agar dalam penyusunan program dan kegiatan disetiap Perangkat Daerah harus memperhatikan target kinerja yang telah disusun.

"Terakhir, saya berharap penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas tahun 2021 dapat dilakukan secara proporsional dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran," tegasnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Drs Hasanudin Msi, Para Asisten, Staf Ahli dan Seluruh Kepala OPD serta Camat dan Kepala Desa, serta di ikuti oleh perwakilan dari setiap BUMD, BUMS perusahaan yang ada di Kabupaten Muaraenim. (SY/ADV)

Posting Komentar

0 Komentar